Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Online Saat Ini

Brand Awareness sama dengan kesadaran merek sudah mulai harus dilakukan oleh setiap pelaku usaha online di Indonesia, hal ini merupakan point penting jangan sampai disepelekan karena akan berdampak pada usaha kamu dimasa yang akan datang.

Cara meningkatkan Brand Awareness Bisnis Online melalui berbagai tahap dan membutuhkan waktu dalam membangunnya, oleh karena itu mulai dari sekarang jika kamu pelakuk bisnis harus sudah memulainya.

Karena sebagian besar konsumen dalam membeli produk akan mengingat sebuah merek brand yang dikenalnya untuk melakukan repeat order. Menurut data survei yang dilakukan oleh Nielsen Global Product Innovation Survey, lebih dari 50% konsumen akan memberli produk dengan merek atau brand yang mereka kenal.

Lalu langkah yang bagaimana untuk membangun sebuah brand awareness agar cepat dikenal oleh konsumen dan seberapa penting bagi kelangsungan hidup bisnis online kamu? Penasaran dengan jawabannya? Yuk langsung saja simak ulasan yang kami buat dibawah ini.

Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Online

Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Online

Tidak mudah dalam menumbuhkan sebuah nama atau merek suatu bisnis agar lebih dikenal oleh masyarakat, Kita harus membuat strategi yang terukur tentu saja itu diperlukan, namun jika proses yang kamu lewati berjalan mulus, dampak jangka panjang yang didapat akan sangat menguntungkan.

Jika kamu menginginkan bisnis online terus berkembang, kamu bisa mencoba beberapa tips yang telah Buzzertop susun untuk meningkatkan Brand Awareness dibawah ini:

1. Buat Identitas Logo dan Tagline

Logo dan Tagline merupakan susunan mendasar dalam strategi meningkatkan sebuah merek dagang, Buatlah semenarik mungkin, karena logo akan selalu muncul disetiap kondisi yang memiliki hubungan dengan usaha dan bisnis kamu.

Buatlah Logo yang mudah di ingat oleh konsumen dalam satu kali melihatnya, kelekatan ingatan mereka berkaitan dengan desain logo yang menarik dari segi warna, bentuk dan tagline. Sebuah logo akan selalu ikut mulai dari produk, poster, website, media sosial, promosi, dan dokumen lainnya.

Tidak hanya logo, buatlah tagline sederhana dimana mencerminkan bidang usaha kita, tujuannya agar mudah diingat, dan mereka para konsumen ketika melihat atau mendengarnya sudah dapat mengasosiasikan dengan merek yang kamu miliki.

Kata sederhana bukan berarti kamu membuatnya secara asal-asalan, karena dengan kesalahan tagline dapat menimbulkan hal buruk bagi brand itu sendiri. Pilih kata yang mewakili merek serta tidak asing dengan keseharian konsumen.

TRENDING :   Jasa Buzzer Membantu Produk UMKM Cepat Terkenal

2. Manfaatkan Media Sosial

Aktif di media sosial merupakan cara cerdas dalam langkah membangun sebuah Brand. Karena dijaman serba modern ini semua informasi akan selalu cepat tersebar di media sosial, dan hampir semua lapisan masyarakat memiliki akun media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Tiktok, Pinterest dan sebagainya.

Setiap orang menghabiskan waktunya dalam membuka media sosial hingga 4 jam setiap harinya dengan berbagai tujuan mulai dari mencari informasi, cari produk, hiburan dan lain-lain, itu dilakukan setiap hari loh. Total dari 268 juta penduduk akan membuka media sosial mencapai 150 juta penduduk menurut ” Digital Around The World 2019″.

Agar merek kamu cepat terkenal maka gunakanlah media sosial sebagai alat promosi atau iklan, bisa juga bekerja sama dengan influencer atau Jasa Buzzer untuk meningkatkan brand awareness.

3. Penting Untuk Membuat Website

Memiliki website merupakan strategi terbaik untuk meningkatkan brand awareness selain aktif di media sosial. Isi website kamu dengan informasi yang lengkap dan memiliki tampilan yang user friendly sehingga konsumen mudah dalam mengeksplor informasi didalam website.

Kamu bisa memasukan berbagai informasi, mulai dari produk, jasa layanan yang dimiliki, maupun informasi umum yang masih memiliki hubungan dengan produk atau merek yang kamu jual.

Buatlah artikel penuh dengan informasi yang mereka inginkan, konten yang relevan dengan masa kini serta memberikan edukasi kepada para konsumen yang tentu saja dibalik itu kamu masukan sedikit yang berhubungan dengan bisnis agar konsumen semakin mengenal brand yang kamu miliki.

4. Mengikuti Setiap Event

Untuk memperkenalkan brand atau merek usaha bisa menggunakan jalur event. Ikuti setiap event atau bazar yang diadakan agar brand cepat dikenal. Dengan menjalankan langkah ini brand kamu memiliki kesempatan lebih besar dikenal oleh masyarakat.

Agar bisnis kamu mendapatkan target yang sesuai maka ikuti event dan expo yang partisipannya sesuai dengan target pasar. Selain itu para calon konsumen akan mengenal merek dan melihat langsung wujud produk kamu secara langsung. Semakin banyak event yang kamu ikuti semakin besar pula kesempatan brand lebih dikenal.

5. Co-Branding

Apa itu Co-Branding? Teknik ini banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang patut kamu ikuti, Co-Branding yaitu kerjasama antar dua merek atau lebih, tujuannya yaitu meningkatkan citra produk itu sendiri.

TRENDING :   Gunakan Jasa Follower Instagram Jika Ingin Penjualan di Instagram Meningkat

Contohnya yang melakukan Co-Branding yaitu Indomie dan Chitato. Apakah kamu pernah menemukan Chitato membuat produk dengan rasa Indomie goreng? jika iya, Nah itulah Co-Branding.

Yang harus digaris bawahi yaitu lakukan kerjasama dengan brand yang memiliki reputasi sama atau lebih tinggi dibanding brand yang kamu miliki. Hal ini berkaitan dengan citra yang akan kamu dapatkan, jika bekerjasama dengan brand dengan citra tidak baik tentu saja akan mendapatkan imbasnya terhadap brand kita.

6. Berikan Reward

Teknik selanjutnya untuk meningkatkan Brand Awareness yaitu dengan memberi reward kepada calon konsumen dalam bentuk potongan harga, cashback maupun giveaway. Karena seroyal apapun konsumen terhadap suatu produk pasti akan melirik produk lainnya yang memiliki program reward, karena tingkat penasaran mereka terhadap produk kita tinggi sehingga ingin mengikuti.

Strategi memberikan reward dapat dilakukan di media sosial, misalkan untuk mendapatkan reward konsumen harus melakukan like, komen, dan share postingan produk yang kamu miliki di media sosial mereka. Dengan cara sederhana seperti ini secara tidak langsung akan meningkatkan brand awareness kamu.

7. Memanfaatkan Influencer

Sudah kami singgung sebelumnya mengenai bekerja sama dengan influencer diatas, namun disini Buzzertop akan menjelaskannya lebih detail lagi.

Dalam mempromosikan produk atau brand di berbagai media sosial kita perlu bekerja sama dengan Influencer, karena mereka sudah memiliki banyak pengikut serta tersebar disemua platform media sosial. Hal ini juga disebut dengan Influencer Marketing.

Kamu bisa mencari atau menggunakan jasa influencer seperti Buzzertop ini, karena mereka sudah memiliki follower sangat banyak serta terhubung dengan audiens yang cukup luas. Seorang influencer sangat dipercaya oleh followernya dan dijadikan trendcenter sehingga brand atau jasa apapun bisa menjadi inspirasi tersendiri untuk mereka.

Akhir Kata

Informasi yang telah kamu baca mengenai Cara Meningkatkan Brand Awareness yang sudah kami sajikan diatas perlu diperhitungkan. Siapkan strategi gunakan step by step agar kamu tahu setiap pertumbuhan dan mengevaluasi apa saja kekurangan dan kelebihan yang di dapat. Jika kamu ingin menggunakan layanan untuk meningkatkan Brand Awareness bisa menggunakan jasa Buzzertop yang kami miliki. Terimakasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *